Senin, 30 April 2018

Keuntungan Dan Manfaat Mendaftar Tabungan Qurban

Keuntungan Berqurban dengan Tabungan Qurban

Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, seluruh umat Islam di dunia ini akan memperingati hari raya Idul Adha dengan cara berqurban. Qurban memiliki arti menyembelih sehingga pada hari tersebut umat Islam akan menyembelih hewan yang layak menjadi hewan qurban seperti kambing, kerbau, atau sapi. Hewan tersebut bisa dibeli melalui program Tabungan Qurban. Program ini merupakan program yang diluncurkan oleh lembaga pengelola dana qurban seperti Global Qurban atau lembaga pengelola keuangan. Tujuan dari adanya program tabungan untuk qurban adalah untuk mempermudah umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah qurban tetapi memiliki kendala dalam masalah finansial. Sehingga, mereka merasa terlalu berat untuk membeli hewan qurban secara tunai. Melalui program ini, mereka bisa menunaikan ibadah qurban dengan cara membeli hewan qurban secara dicicil.
Program tabungan qurban dikelola oleh lembaga pengelola dana khusus untuk qurban seperti Global Qurban. Lembaga ini menyediakan tabungan berjangka waktu untuk membeli hewan qurban berupa satu ekor kambing. Jangka waktu yang ditawarkan dalam program tabungan untuk qurban ini bervariasi, mulai dari satu tahun hingga tiga tahun. Perbedaan jangka waktu dalam program tabungan untuk qurban akan berdampak pada besarnya setoran bulanan serta harga hewan qurban yang didapatkan. Untuk tabungan untuk qurban dengan jangka waktu satu tahun memiliki setoran yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan serta mendapatkan hewan qurban dengan harga yang relatif murah. Sedangkan, pada tabungan untuk qurban yang memiliki jangka waktu lebih lama maka jumlah setoran bulannya lebih kecil tetapi hewan qurban yang dihasilkan harganya lebih mahal.
Selain memberikan kemudahan dalam menunaikan ibadah qurban kepada seluruh umat Islam, lembaga pengelola dana tabungan qurban melaksanakan prinsip kerjanya sesuai syariat Islam. Sehingga, membeli hewan qurban melalui program tabungan untuk qurban hukumnya tetap halal karena terbebas dari riba. Prinsip yang dijalankan oleh lembaga pengelola dana tabungan untuk qurban sesuai menerapkan sistem bagi hasil sesuai dengan akad mudharabah. Prinsip tersebut membuat nasalah tabungan untuk qurban dan pihak pengelola dana tabungan untuk qurban mendapatkan keuntungan yang sama.
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tabungan untuk qurban memberikan kemudahan dalam menunaikan ibadah qurban. Kemudahan tersebut tidak hanya seputar pembelian hewan qurban, tetapi meliputi pemilihan hewan qurban, penyembelihan hewan qurban, dan pendistribusian hasil penyembelihan hewan qurban. Biasanya pihak pengelola dana tabungan qurban sudah bekerja sama dengan pihak peternakan yang menyediakan hewan ternah untuk qurban, tempat penyembelihan, dan juga lokasi pendistribusian hasil qurban. Biasanya hewan qurban akan didistribusikan kepada kaum fakir dan miskin. Ada juga hewan qurban yang didistribusikan ke daerah  yang terpencil, daerah dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, serta daerah yang tengah dilanda alam. Program tabungan untuk qurban benar-benar menguntungkan bagi para nasabah dan penerima hasil qurban.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar