Rabu, 09 Desember 2015

Banjir Bandang Terjadi di Inggris dan Swedia


Bencana banjir yakni bencana teratur yg jadi ancaman gede bagi negara-negara miskin & negeri berkembang, tidak tidak cuma Indonesia. Banjir ialah masalah basic dari negara-negara yg sedang membangun. Banjir yakni bentuk dari betapa urusan infrastruktur & tehnologi penahan air hujan tidak berfungsi atau malah belum diterapkan. Kalau memandang negara-negara maju di Eropa, technologi & ilmu wawasan alam telah lama diterapkan buat mencegah risiko banjir menggenang pasca hujan deras.

Tapi satu buah bukti unik & ironis terdaftar dalam histori bencana Eropa di Bln Desember 2015 ini. Pernahkah terbayang mungkin saja banjir hebat merendam satu dari beberapa negeri Eropa? Nyatanya dgn segala kemajuan technologi & infrastrukturnya, Eropa juga sanggup terendam banjir.

Dilaporkan dari Antaranews, perubahan cuaca ekstrem yg jadi makin terang & tampak di akhir th 2015 ini sudah membangkitkan risiko banjir agung di sekian banyak negeri sektor barat-daya Swedia. Terkecuali di Swedia, banjir akbar pula berlangsung di Inggris.

Tidak Hanya lantaran curah hujan yg sangat tinggi, banjir di Inggris disebabkan oleh fenomena cuaca berwujud angin topan. Penduduk setempat menyebutnya sebegai angin topan Desmond. Hasilnya, topan dahsyat yg terbentuk dari perubahan tekanan hawa di lautan Atlantik ini sudah mengakibatkan banjir bandang di bidang barat-laut Inggris & sekian banyak wilayah di Skotlandia. Banjir gede di Inggris ini juga sudah memutus pasokan listrik buat puluhan ribu hunian.

Angin topan Desmond mengambil hujan yg teramat deras, penahan banjir pula jebol & ajaran sungai deras merendam lebih dari 60.000 hunian di wilayah di Cumbria, Lancashire, Inggris. Imbas yg paling terasa akibat banjir Inggris ini melumpuhkan pelayanan kereta api, sekian banyak jalan mutlak & persimpangan jalan juga ditutup akibat banjir. Kantor info Xinhua mengabarkan, Pertama Menteri Inggris David Cameron melalui akun Twitternya mengkategorikan banjir di Inggris ini juga sebagai banjir parah.

Sementara itu, banjir serta tertulis berlangsung di Swedia. Curah hujan yg begitu parah & ekor dari angin topan Desmond yg serta menghantam Swedia. Menerjang sebahagian akbar wilayah Swedia di awal bln Desember 2015.

Air dari sekian banyak sungai yg mengalir amat sangat deras meluap di dekat Gotheborg, Kota paling besar ke-2 di Swedia. Dinas cuaca Swedia, Swedish Meteorological and Hydrological Institute telah mengeluarkan peringatan kelas 3 waspada banjir utk sekian banyak bagia propinsi di Bohuslan, Vastergotland & Halland, peringatan kelas merupakan atau yg paling tinggi dalam skalanya. Bahkan , Swedish Meteorological and Hydrological Institute menyampaikan, banjir di Swedia terhadap 2015 ini kayaknya dapat jadi banjir ter buruk yg berlangsung satu kali tiap-tiap 50 thn sekali.(cal)

img : bbc 

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar