Senin, 11 April 2016

Pengertian Banjir dan Permasalahannya


Pengertian banjir, ialah satu buah keadaan di mana tak tertampungnya air dalam saluran pembuang (palung sungai) atau terhambatnya falsafah air di dalam saluran pembuang, maka meluap menggenangi daerah (dataran banjir) sekitarnya.

Banjir yakni histori alam yg sanggup memunculkan kerugian harta benda warga pula sanggup juga memunculkan korban jiwa. Dikatakan banjir seandainya berlangsung luapan air yg disebabkan kurangnya kapasitas penampang saluran.

Banjir di bidang hulu umumnya arus banjirnya deras, daya gerusnya agung, namun durasinya pendek. Sedangkan di bidang hilir arusnya tak deras (lantaran landai), namun durasi banjirnya panjang.

Jenis banjir & permasalahan yg ditimbulkan

1. Banjir akan datang dengan cara tiba-tiba bersama intensitas agung tapi bakal segera mengalir. Meski serentak mengalir lebih sering banjir seperti ini yg tidak jarang menimbulakan korban hanyut, kerusakan & kehilangan barang barang dalam saat singkat yg merugikan masyarakat.

2. Banjir datang dengan cara perlahan tetapi intensitas hujannya sedikit. Banjir seperti ini dapat serta-merta ditanggulangi, pemukiman yg sejak mulai siaga sanggup pernah mengungsi & mengamankan beberapa-barang agar tak terendam air.

3. Banjir datang dengan cara perlahan tapi bisa jadi genangan yg lama di daerah depresi. Kasus ini tidak jarang berjalan di Kampung Polo atau daerah bantaran sungai akbar seperti Sungai Citarum & Bangawan Solo. Waktu intensitas hujan lama banjir dapat makin agung akibat luapan air dengan cara perlahan

4. Akibat yg ditimbulkan merupakan terjadinya genangan, erosi, & sedimentasi. Ini banjir yg tidak jarang tak disangka-sangka seperti yg berlangsung di Bangka kepada awal Pebruari 2016. Erosi tanah di lebih kurang sungai meyebabkan air mengenang kemana-mana, selin itu kerusakan tanggul dengan cara tiba-tiba sebab tak kuat menampung falsafah air.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar