Selasa, 26 Januari 2016

Jakarta Punya 57 Titik Rawan Banjir dan Genangan

Mendekati puncak periode hujan ini, dalam rentang dikala hujan yg semakin tidak jarang turun, Instansi PU Tata Air DKI Jakarta mengabarkan bahwa setidaknya ada 57 titik potensi genangan & rawan banjir di Jakarta.

Banyaknya 57 titik inilah yg senantiasa jadi pantauan teratur dari Lembaga Tata Air DKI Jakarta. Tidak dapat dimungkiri, puncak periode hujan yg dapat berlangsung di akhir Januari 2016 dapat jadi pembuktian dari apa yg telah dilakukan oleh Jakarta di bawah pimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sewaktu setahun terakhir memimpin proyek pencegahan banjir di Jakarta.

Tetapi kalau ditilik makin jauh, ada perbedaan data berkaitan tempat rawan banjir di Jakarta. Ada dua version, mula-mula dari Instansi Tata Air menyatakan bahwa potensi genangan & banjir Jakarta sedikitnya ada 57 titik. Padahal diawal mulanya Tubuh Meteorologi Klimatologi & Geofisika Jakarta menyebut ada lebih dari 125 titik di Jakarta yg rawan genangan sampai banjir.

Apa yg jadi basic dari rumus 57 titik rawan banjir & genangan yg dirilis oleh Instansi Tata Air Jakarta?

Menurut Teguh Hendarwan , Kepala Instansi Tata Air DKI Jakarta, 57 titik tersebut dapat menimbulkan genangan sebahagian besar nya dikarenakan argumen bahwa ruas jalan tersebut tak rata & berbentuk cekung, waktu hujan tiba genangan air pula tidak sanggup dihindari. Kalau tidak diantisipasi, genangan air bakal makin melebar & jadi banjir kalau limpahan air telah masuk ke lingkungan pemukiman penduduk.

Buat menghindari potensi genangan air & banjir di Jakarta, tatkala setahun bekerja Ahok benar-benar kelihatan senantiasa menentukan bahwa pompa penyedot air pula saluran air sudah berfungsi layaknya fungsinya.

Tapi meskipun begitu, seperti yg dikutip dari CNN, Lembaga Tata Air Jakarta malas buat menuturkan lebih rincian area mana saja dari 57 titik rawan banjiir & genangan di Jakarta. Teguh cuma berjanji & tentukan, sewaktu puncak masa hujan Jakarta antara Januari & Pebruari 2016, 57 titik rawan banjir di Jakarta dapat terbebas dari banjir.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar