Rabu, 18 November 2015

Bidaracina Jakarta Mulai Banjir

Banjir Jakarta
Hujan mulai sejak deras mengguyur teratur Ibukota Jakarta, nyaris tiap-tiap harinya menjelang sore hri. Diwaktu langit sejak mulai mendung, 11 juta masyarakat Jakarta juga mulai sejak ketar ketir pada ancaman banjir yg sanggup datang kapanpun tidak dengan peringatan diawal mulanya. Keadaan drainase & saluran air di Jakarta mampu dibilang telah amat sangat kacau. Upaya masif Pemerintah Kota DKI Jakarta diperkirakan pula tak mau bisa mencegah banjir gede, pasalnya limpahan air hujan dari Bogor terkadang mampu meluap hingga tidak terkira derasnya.

Hasilnya, fakta pula berkata, meski sekian banyak kala dulu Pemerintah DKI Jakarta telah mulai sejak lakukan normalisasi Sungai Ciliwung di lebih kurang kawasan Kampung Pulo, tapi konsisten saja wilayah disekitar Ciliwung & Jatinegara ini masih terendam banjir.

Dilaporkan dari page Act.id, air bah kiriman hujan deras yg berlangsung di Bogor kepada Senin (16/11) tempo hari sudah meluapkan Air Sungai Ciliwung. Imbasnya kawasan di hilir Sungai Ciliwung kira kira Bidaracina, Cililitan, & Bukit Duri pula terendam. Ke-3 wilayah ini lokasinya memang lah berada serasi di tepi aliran sungai Ciliwung.

Mengantisipasi barangkali banjir kawasan Bidaracina semakin memburuk, tim rescue dari Perbuatan Serentak Tanggap serta mengemukakan siaga 1 utk melaksanakan tindakan evakuasi penduduk kalau memang lah dipakai. Sementara ini sampai tulisan ini diturunkan, dua group rescue yg telah berpengalaman panjang dalam urusan banjir Jakarta telah siap siaga di ruang rawan banjir Bidaracina bersama dua perahu karet.

Komandan Tim Rescue ACT Anang Herdiana menyampaikan pihaknya sudah dapat mengidentifikasi titik-titik rawan banjir di Jakarta, maka kesiapsiagaan utk antisipasi resiko negatif periode hujan thn ini mampu lebih diminimalisir.

Meski benar-benar banjir di Bidaracina terhadap Senin tengah malam dulu belum terlampaui parah, tetapi evakuasi penduduk terus mesti dilakukan, pasalnya air naik nyaris setengah m ke perumahan masyarakat di Bidaracina. Masyarakat yg tidak mempunyai rumah berlantai dua mesti dievakuasi ke tempat yg lebih tinggi.

Menyikapi mungkin saja banjir Jakarta yg makin jelang puncaknya, Warga Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya sudah siap siaga hadapi dampak bencana di masa penghujan. Tidak Cuma menciptakan Posko Siaga Bencana di sebanyak titik di Jakarta, MRI menetapkan seperti di tahun-tahun pada awal mulanya bahwa kantor Perbuatan Serentak Tanggap di Ciputat jadi Posko Induk Siaga Bencana.

Muhammad Affan, Ketua MRI Jakarta Raya mengungkapkan dikala ini timnya dengan ACT dalam fase awal kesiapsiagaan bencana banjir. “Sekarang seluruh koordinator daerah MRI yg ada di Jakarta & sekitarnya, sedang lakukan pendataan awal terkait titik banjir, yg setelah itu bakal menetapkan posko arena lapang pas bersama daerah yg terdampak bencana banjir. Sedangkan posko Induk utk Pos Komando Jakarta Raya dapat dilokasikan di Kantor ACT Ciputat,” jelas Affan, Rabu (18/11).

Affan menyampaikan 10 relawan sudah ditunjuk juga sebagai koordinator Tim Siaga Bencana, yg bakal mengkoordinir kurang lebih 300 relawan MRI. (cal) 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar