Selasa, 10 November 2015

Musim Hujan, Status Siaga Banjir untuk Aceh Wilayah Trumon Raya

Banjir Aceh 

Sekian Banyak wilayah di Indonesia sejak mulai merata dilanda hujan deras. Hasilnya kemarau panjang perlahan mogok. Hujan deras telah sejak mulai menyapa tiap-tiap harinya. Tapi, ironisnya waktu bencana kemarau perlahan lenyap, justru berganti dgn potensi bencana banjir. Suatu kenyataan yg tidak sanggup dielak, keseimbangan alam di negara ini entah telah berada di level kerusakan berapa prosen, tapi resiko paling kasat mata telah terlihat di depan mata. Waktu kemarau mengambil kekeringan panjang, selanjutnya masa hujan mengambil banjir. Berarti alam sudah lenyap keseimbangannya.

Satu wilayah di Indonesia yg telah mengalami periode hujan pass deras yakni Propinsi Aceh. Perbedaan tekanan hawa di kurang lebih Teluk Bengal & Samudera Hindia sebelah barat Aceh sudah berdampak kepada cuaca yg amat sangat ekstrem di Aceh. Hujan deras disertai angin kencang condong berciri puting beliung muncul di sekian banyak wilayah Aceh kepada awal Nopember 2015 ini.

Hujan deras & cuaca ekstrem Aceh ini serta hasilnya sebabkan banjir di sekian banyak titik. Bahkan Pemerintah Propinsi Aceh menetapkan wilayah Trumon Raya juga sebagai kawasan siaga bencana di Kab Aceh Selatan. Penetapan ini terpaksa dilakukan sesudah menonton catatan lumayan parah banjir di tiga kecamatan, ialah Trumon tengah, Trumon, & Trumon Timur terhadap tahun-tahun pada awal mulanya.

Dengan Cara kajian ilmiah tetang ilmu meterologi & klimatologi, awal bln Nopember sampai memasuki bln Desember thn 2015 akan datang diprediksi bakal jadi puncak dari fenomena cuaca ekstrem. Dikutip dari CNN, Tubuh Nasional Penanngulangan Bencana telah mengeluarkan peringatan dini bahwa nyaris seluruhnya wilayah Indonesia terutama di Pulau Jawa, Sumatera & Kalimantan dapat dilanda cuaca ekstrem. Angin kencang & hujan deras jadi tanda perpindahan masa kemarau ke periode hujan.

Mengingat potensi tersebut, tetap dilansir dari page CNN Indonesia, Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra menegaskan status siaga bencana di Trumon Raya, nantinya wilayah yg ditetapkan siaga banjir bakal jadi wadah dari aktivitas penanggulangan bencana & pengurangan risiko bencana berbasis penduduk lokal.

Menurut data terakhir yg penulis temukan, Propinsi Aceh termasuk juga wilayah yg segera tanggap dalam menetapkan kawasan siaga bencana berdasarkan catatan peristiwa bencana banjir di masa-masa dulu.

Kawasan Siaga Bencana tersebut meliputi Desa Lhok Raya, Cot Bayu, & Ie Jerneh di Kecamatan Trumon Tengah; Desa Ujong Tanoh, Padang Cita-cita, & Keude Trumon di Kecamatan Trumon; pula Desa Kapa Sesak, Alue Bujok, Senebok Punto, Senebok Pusaka, Krueng Luas, & Pinto Rimba di Kecamatan Trumon Timur. (cal)

img : cnn 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar