Senin, 23 November 2015

Bisakah Pemprov DKI Jakarta atasi Bencana Banjir Jakarta?

Solusi Banjir Jakarta 

Masa hujan telah mulai sejak terbiasa dirasakan bagi jutaan penduduk Jakarta & masyarakat di kota-kota komuter kurang lebih Jakarta. Tiap menjelang sore hri, hujan yg turun bahkan condong deras & petir bersahutan. Hujan di bln Nopember ini menjadi barokah yg telah sejak sekian lama ditunggu, dinanti, & di harapkan sesudah berbulan-bulan dulu dihantam bencana kekeringan panjang ga ada akhir.

Disaat Jakarta masuk ke masa hujan, potensi yg paling utama buat diwaspadai terlebih jikalau bukan potensi banjir. Jakarta & banjir yakni dua elemen yg tidak sanggup dipisahkan, bahkan sejak era kolonial beberapa ratus th dulu. Memasuki masa hujan thn 2015, sekali lagi jadi momentum pertaruhan bagi Pemerintah Propinsi DKI Jakarta utk membuktikan bahwa banjir Jakarta setidaknya telah sejak mulai menyusut risikonya. Milyaran rp telah digelontorkan buat mengembalikan keadaan daerah aliran sungai yg melewati Jakarta, merelokasi masyarakat liar yg sekian puluh thn menempati wilayah pinggiran sungai.

Dulu, waktu upaya pencegahan buat normalisasi sungai Jakarta telah begitu kompleks dilakukan. Bisnis terlebih yg sanggup dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta utk atasi bencana banjir Jakarta?

Seseorang pengamat perkotaan Perkotaan Kampus Trisakti Jakarta, Yayat Supriatna menyampaikan bahwa genangan air nampaknya tidak dapat kemungkinan dapat menghilang dari Jakarta. Kenapa sebabnya? Terkecuali masalah aliran sungai yg mandek, penyebab lain banjir Jakarta yaitu urusan drainase atau pompa penyedot air.

Seperti dilansir dari page CNN Indonesia, Yayat Supriatna mengisahkan bahwa drainase Jakarta itu biasanya telah berumur lanjut usia. Umumnya system drainase Jakarta dibangun di th 1970 an. Sekarang Ini telah nyaris setengah abad drainase itu bekerja keras menyedot segala bisa saja banjir & genangan air di jalan-jalan ibukota.

Yayat menegaskan, salah satu solusi banjir Jakarta ialah bersama mengoptimalkan pompa air yg ada di Jakarta. Merubah yg rusak & telah berumur uzur. Pompa air inilah yg nantinya bakal efektif buat mengatasi genangan di jalan-jalan ibukota Jakarta saat hujan deras melanda.

Intinya pemakaian pompa air mesti dioptimalkan & diperhatikan. Banjir Jakarta tidak cuma disebabkan oleh sungai gede yg tersumbat sampah, tapi pun lantaran tidak sedikit pompa-pompa air yg telah lanjut umur & sekian thn tidak diperbaiki. Akibatnya terang, hujan sedikit saja, genangan air bakal menutupi jalan raya di Jakarta. Bahkan genangan air yg lumayan dalam tidak jarang berjalan di sepanjang jalan Sudirman yg notabene yakni jalan protokol mutlak yg membelah Jakarta dari arah Blok Meter menuju Monas & Istana Negeri.

Ingin ditaruh di mana muka bangsa ini disaat orang asing menonton segera keadaan Jakarta yg terendam banjir, mereka tentu dapat segera tanya “Jika Jakarta saja telah banjir, dengan cara apa dgn wilayah lain di Indonesia yg demikian luas ini?(cal)

img : cnnindonesia 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar