Rabu, 24 Februari 2016

Lebih Seratus Rumah di Cilacap Dihantam Bencana Banjir

 
Puncak periode hujan bersama intensitasnya yg mengerikan benar-benar jadi momok menakutkan tatkala bln Pebruari thn 2016 ini. Sekian Banyak wilayah di Indonesia yg ketahuan jarang diterjang banjir, justru di th ini malah banjir datang dgn impak yg demikian ekstrem.

Bayangkan saja, wilayah yg puluhan thn tidak sempat diterjang banjir seperti di Kota Pangkal Pinang, Propinsi Bangka Belitung minggu dulu mengalami kekagetan yg gemilang, dikarenakan banjir datang bersama gemuruh air yg tidak disangka, banjir merendam nyaris semua Kab di Bangka bersama ketinggian air lebih dari 1.5 meter!

Sesudah banjir di Bangka yg termasuk juga tipe langka, sekarang banjir serta dikabarkan menerjang wilayah yg jarang sekali dihantam bencana luapan air bah. Seperti yg dikutip dari pemberitaan Antaranews, beberapa ratus hunian di Desa Tarisi, Cilacap dilaporkan terendam banjir akibat hujan lebat yg turun sejak hri Rabu hingga Kamis dini hri dulu.

Impak banjir Cilacap ini pula tidak sanggup dianggap sepele. Lantaran banjir dilaporkan merendam lebih dari seratus hunian. Data akurat dari Kepala Pelaksana Harian Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara Sidhy menyebut, banjir di Cilacap ini merendam 120 satuan hunian di Dusun Rangasan, setelah itu 15 hunian di Dusun Cikaranjo, 10 hunian di Dusun Meluwung, & 62 hunian di Dusun Sidodadi.

Buruknya lagi, tidak hanya merendam beberapa ratus hunian, banjir di Cilacap ini pula menciptakan tidak sedikit petani mesti gigit jari menyaksikan sawahnya terancam tidak sukses panen. Dikarenakan banjir serta merendam puluhan hektare sawah di Desa Tarisi & ruas jalan Propinsi yg menghubungkan kawasan Sidareja & Cukangleleus di sepanjang jurusan selatan Jawa Tengah.

Walau begitu, info teranyar yg didapatkan di hri Jumat (19/2) ini, banjir telah sejak mulai surut lantaran pintu Bendungan Menganti di perbatasan Jawa Tengah & ja-bar telah di buka & menciptakan limpahan air sungai mengalir ke hilir di laut selatan. Falsafah sungai yg menciptakan banjir di Cilacap merupakan percabangan dari sungai akbar Citanduy.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar